Kamis, 16 Agustus 2012

Reuni Akbar Alumni Pendidikan Sekolah-Madrasah Ramadhan

1345144178546322355
PESERTA SAHUR BERSAMA (SABER) MASJID AL-IHSAN
Sekolah dan Madrasah Ramadhan
Tanpa terasa bulan suci Ramadhan sudah genap memasuki hari yang ke-28. Jika Ramadhan ini diibarat sebagai sebuah sekolah atau madrasah internasional, maka saat-saat seperti ini umat Islam sedang dan akan menghadapi ujian akhir atau ujian internasional dari serangkaian kegiatan pendidikan dari madrasah atau sekolah tersebut. (bukan ujian nasional, karena madrasah atau sekolah Ramadhan ini tarafnya internasional).
Waktu-waktu utama dalam satu bulan ajaran di sekolah dan madrasah internasional itu terbagi menjadi tiga tahapan utama atau tiga semester (bukan tahun ajaran, karena madrasah atau sekolah ini masa pendidikannya hanya satu bulan), masing-masing semester terdiri dari 10 hari, 10 hari pertama adalah tahap penjaringan bagi semua peserta didik, 10 hari kedua adalah tahap penyaringan, sedangkan 10 hari ketiga adalah tahap seleksi untuk menentukan siapa yang lulus dan siapa yang gagal alias tidak lulus atau lulus tapi dengan catatan.
Sedangkan kegiatan utama dari madrasah atau sekolah ini adalah menuntaskan kegiatan training atau pelajaran berupa puasa seharian penuh dimulai dari terbit fajar (waktu subuh) sampai terbenamnya matahari (waktu maghrib). Training atau pelajaran lainnya adalah melaksanakan shalat wajib berjama’ah dan shalat sunnah qiyamullail atau qiyamur Ramadhan, baik berupa shalat tarawih maupun berupa shalat tahajjud. Selain kedua mata pelajaran utama (MKDU) di atas masih ada tugas terstruktur lainnya yakni menyelesaikan tugas membaca kitab berupa kitab suci Al-Qur’an.
Besok atau lusa adalah hari ke-29 hari terakhir bagi mereka yang memulai atau masuk ke pendidikan Ramadhan 1433 ini pada hari Sabtu, 21 Juli 2012, karena bagi mereka ini telah menggenapkan jumlah hari di bulan Sya’bannya menjadi 30 hari (berdasarkan metode rukyat), sedangkan bagi yang masuknya lebih dahulu yaitu pada hari Jum’at, 20 Juli 2012, maka besok atau lusa itu merupakan hari ke-30 mereka menggenapkan jumlah hari berpuasa, karena di bulan Sya’bannya mereka hanya 29 hari (berdasarkan metode hisab).
Sehingga dengan demikian maka hari kelulusan bagi keduanya insya Allah akan sama yakni pada hari Ahad, 19 Agustus 2012, setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah dan madrasah internasional Ramadhan 1433 semoga lulus (amal ibadahnya sempurna dan diterima di sisi Allah SWT) dan apa yang menjadi tujuan institusional dari madrasah atau sekolah itu tercapai dengan gilang gemilang yakni agar menjadi insan yang bertaqwa (la’allakum tattaquun), menjadi insan yang bersyukur (la’allakum tasykurun) dan insan yang memperoleh petunjuk berupa ilmu, pengetahuan dan pengalaman (la’allakum yarsyudun).
Khusus bagi mereka yang memperoleh prestasi khusus di 10 hari terakhir dengan melakukan i’tikaf dan berkonsentrasi dengan studinya maka akan memperoleh sertifikat khusus “cumloude” yang nilainya itu sangat tinggi dan jika dikonversikan nilainya maka nilainya yang hanya satu malam itu mencapai seribu bulan atau 83 tahun (berupa nikmat lailatul qodar, malam kemuliaan). Mereka yang memperoleh sertifikat ini akan mendapatkan kebahagiaan dan kenikmatan tersendiri dalam hidupnya, seperti ketenangan bathin, kekhusu’an dalam beribadah, dan kenikmatan batin yang tiada taranya.
Semoga kita dapat berjumpa kembali dan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun depan sehingga jika pada ramadhan tahun ini kita masih ada nilai-nilai yang kurang atau tidak mencapai nilai standar maka kita akan mampu memperbaikinya sebaliknya jika nilai-nilai kita sudah bagus atau mampu mencapai nilai yang terbaik maka kita akan meningkatkan dan mempertahankan nilai tersebut.
Nilai-Nilai Pendidikan Ramadhan
Tak dapat dipungkiri bahwa semua ibadah dalam Islam baik yang mahdhoh (pokok) maupun yang ghoiru mahdhoh (tidak pokok), baik yang wajib maupun yang sunnah, yang individual (fardiyah) maupun yang kolektif (berjama’ah), yang bersifat ritual formal maupun yang sosial kemasyarakatan maka akan memiliki nilai dan hikmah yang beragam, meskipun secara keseluruhan pada intinya adalah sama yakni sebagai sebuah bentuk realisasi terhadap keyakinan kita (iman) kepada Allah, Rosul-Nya dan Al-Qur’an, sebagai sebuah bentuk pengabdian kita kepada Sang Kholiq (ibadah) dan sebagai bentuk kecintaan dan ketaatan (taqwa) kita kepada Allah dan Rosul-Nya.
Perhatikan ayat-ayat Allah dalam Al-Qur’an sebagai mana tercantum di bawah ini :
1. Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa, (QS Al-Baqoroh, 2 : 21)
2. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS Al-Baqoroh, 2:183)
3. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (1), (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya (2), dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna (3), dan orang-orang yang menunaikan zakat (4), dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (5), kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa (6), Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas (7), Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya (8), dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya (9), Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (10) …… ( QS Al-Mu’minuun, 23 : 1-10)
Adapun nilai-nilai yang dapat kita petik hikmahnya dari pelaksanaan amaliah ibadah puasa Ramadhan selain dari apa yang telah diterangkan oleh Allah dan Rosul-Nya seperti di atas adalah sebagai berikut :
1. Nilai keimanan, keyakinan dan kejujuran
2. Nilai kebersamaan, kebersamaan dalam beribadah, berdakwah dan bermu’amalah
3. Nilai Perjuangan, patriotisme dan optimisme
4. Nilai ritual ibadah sufi yang sesungguhnya, spiritual dan kontemplasi melalui i’tikaf di masjid
5. Nilai Konsolidasi, Silaturahmi, dan Koordinasi
6. Nilai Solidaritas iman dan solidaritas sosial hidup bermasyarakat.
Demikian diantara nilai dan hikmah pendidikan di sekolah atau madrasah Ramadhan yang dapat kita rasakan oleh kita yang menghayati, melaksanakan dan mengamalkannya.
Reuni Akbar Alumni Ramadhan
Setelah kita lewati dari keseluruhan prosesi pendidikan Ramadhan ini nanti maka kita berhak menyandang gelar insan muttaqien, insan syakirin, dan insan arrosyidin, yakni orang yang mampu meraih prestasi taqwa, memperoleh predikat hamba yang bersyukur dan mendapatkan sinar petunjuk dari Yang Maha Kuasa. Kita mengangungkan Allah semata dengan pengagungannya yang tulus seraya mengucapkan takbir, tahmid dan tahlil sepanjang hari pada malam 1 syawal dan pada siang harinya saling memberikan ucapan selamat kepada saudara-saudaranya.
Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS Al-baqoroh, 2 : 185)
Sebagai mana halnya definisi keberhasilan bagi orang yang berhasil dalam pendidikan di sekolah atau madrasahnya maka mereka yang sukses dan berhasil adalah yang sukses dalam sekolahnya juga sukses pasca sekolahnya alias tidak nganggur, dia mampu berkarya, dia mampu bekerja, dia juga mampu menciptakan lapangan kerja, demikian halnya juga dengan alumni Ramadhan, begitu dia memasuki satu bulan berikutnya pasca training yang intensif ini dia masih tetap mempertahankan nilai-nilai yang sebelumnya untuk dikembangkan.
Maka tak heran ketika ada seruan Allah berikutnya ia menyambutnya secara antusias, seperti dengan melaksanakan ibadah puasa sunnah 6 hari di bulan syawal, puasa hari senin dan kamis, puasa tiga hari pertengahan bulan (ayyamul bidh, 13, 14 dan 15 bulan hijriyah, dan sampai pada puncak ibadahnya yakni rukun islam yang ke-5 menunaikan ibadah haji ke baitullah, Makkah al-Mukarromah dan ziaroh kepada Rosulullah, Madinah Al-Munawwaroh. Semoga kita termasuk orang yang dipanggil oleh Allah SWT untuk beribadah di tanah haram dalam rangkan menunaikan ibadah haji atau umroh dan sekaligus mengikuti reuni alumni akbar alumni ramadhan.
13451438971963676826
PESERTA PESANTREN KILAT RAMADHAN

Wallahu’alam Bishowab.

1 komentar:

GURU PRIVAT BEKASI KA VITO on 13 Oktober 2012 pukul 20.55 mengatakan...

klo mau privat boleh ke http://lesprivatbimbelvmg2.blogspot.com
atau hubungi ka vito buat nego harga dan mata pelajarannya di 08568094744
mudah mudahan bermanfaat

Posting Komentar

 

About

Site Info

Ruby

PRIMA Blok V Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers